Promosi
  • 13 April 2017
    Ingin Tahu Cara Tepat Tangani 5 Kondisi Demam Pada Anak ??? Hadirilah Seminar di RS Bella Tema  " CARA TEPAT TANGANI 5 KONDISI DEMAM PADA ANAK" Nara Sum ...
  • 04 April 2017
    Pelayanan Bella Baby SPA   Telah hadir pelayanan Bella Baby SPA Informasi & Pendaftaran : RS BELLA Jl. Ir. H. Juanda no.141 Bekasi Telp ( 021 ) 8801778 / 8801775 Ext ...
 
Langganan Berita
 
RS Bella
Jl. Ir. H. Juanda No. 141
Bekasi Timur
Telp. 021 - 8801778 - 8819377
Fax. 021 - 88351772 / 88342438
 
Konsultasi Dokter On line
 
Berita Kesehatan Home > Berita & Kesehatan > News Detail
ANEMIA APLASTIK
03 Juni 2014
APAKAH ANEMIA APLASTIK?
Anemia aplastik, adalah kondisi di mana sumsum tidak dapat berproduksi maksimal sehingga sel darah baru tidak mencukupi untuk proses pergantian sel darah lama.Pada kasus anemia biasanya umumnya hanya jumlah sel darah merah yang rendah,tapi pada anemia aplastik, jumlahsel darah merah, sel darah putih dan platelet menjadi sangat rendah. Biasanya, anemia aplastik ditandai oleh jumlah ganulosit kurang dari 500/mm3, jumlah trombositnya kurang dari 20.000/mm3, dan jumlah retikulositnya kurang dari 1 persen.

Tanda - tanda dan gejala anemia aplastik
Penderita anemia aplastik biasanya akan mengalami gejala - gejala khusunya misalnya mengalami anemia atau kurang sel darah merah, leukopenia atau kurang leukosit, dan trombositopenia atau kekurangan trombosit. Ketiga gejala ini biasanya juga disertai dengan beberapa gejala lain misalnya pucat,lemah, mudah lelah, hilang selera makan, palpitasi, pendarahan pada gusi, infeksi, petekia,epistaksis, dan ekimosa.

Penyebab anemia aplastik
Faktor - faktor penyebab anema aplastik yang membuat kerusakan sum - sum tulang belakang sementara atau permanen yang pada akhirnya menganggu produksi sel - sel darah merah antara lain  :
  1. Terapi radiasi dan kemoterapi
  2. Paparan bahan beracun
  3. Pengobatan obat - obat tertentu
  4. Gangguan autoimun
  5. Infeksi Virus
  6. Kehamilan
  7. Faktor yang tidak diketahui
  8. Berhubungan dengan kelainan langka lainnya.

 

Apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah anemia aplastik?

Usaha pertama untuk mencegah anemia aplastik ini adalah menghindari paparan bahan kimia berlebih sebab bahan kimia seperti benzena juga diduga dapat menyebabkan anemia aplastik. Kemudian hindari juga konsumsi obat - obatan yang dapat memicu anemia aplastik. Kalaupun memang harus mengkonsumsi obat - obat yang demikian, sebisa mungkin jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Selain bahan kimia dan obat, ada baiknya pula untuk menjauhi radiasi seperti sinar X dan radiasi lainnya yang telah di jelaskan di bagian faktor penyebab diatas.


Pengobatan Anemia Aplastik

Ada 3 (tiga) Kategori pengobatan untuk anemia aplastik.

  1. Perawatan pendukung (Suportif)
  2. Bone Marrow
  3. Stem cell transpalantion

 

 

Terima kasih

Selamat membaca

Rs.Bella Bekasi

Jl.Ir.H.Juanda No.141